Jumat, 15 Juni 2012

Jawaban UTS

JAWABAN UJIAN TENGAH SEMESTER KOMUNIKASI MULTIMEDIA STIKOM IGA TANJUNGPINANG
 
Nama    : Wiwin Saputra
Jurusan  : Komunikasi Visual / semester 6
Nim       : 1010100201002
 
Soal :
 
1. Peranan ICT ( Information Communication Technology ) bagi cyber PR.
 
2. Kasus : "Mengklarifikasikan isu minyak goreng coconut oil kadarluarsa yang beredar dipasar melalui Cyber PR"
Jawaban :


1. E-PR


Tugas ICT Cyber PR (Sosial Media)

Saat ini sosial media semakin berkembang pesat, seperti youtube, wikipedia, facebook, twitter, dan yang lainnya, fenomena social media memang sudah tidak asing lagi, dari berbagai kalangan sudah menggunakan media online ini. Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content". Jika kita lihat pesatnya perkembangan social media ini dapat kita manfaatkan sebagai ajang unjuk gigi minimalnya kita dapat menjain hubungan social, akan tetapi hal ini juga harus kita waspadai karena tidak semuanya berdampak baik buat kita.

Bentuk social media cukup beragam mulai dari jejaring social, Collaborative projects, blog, sampai ke virtual game. Dari masa kemasa perkembangan social media semakin berinovasi, sekarang untuk mengaksesnya bahkan dapat menggunakan perangkat computer sampai menggunakan mobile phone, selain itu semua orang dapat memiliki blog pribadi dengan tidak megeluarkan biaya dan menggunakan jaringan internet. Tidak hanya berteman dalam jejaring social , kita juga dapat menjadikan media social ini sebagai buku harian yang dapat kita masukn tulisan tulisan atau ide ide yang kia inginkan dan dpat dilihat oleh banyak orang.

Dari jenis jenis media social , dapat dibagi antara lain;
1.      Collaborative projects: (Wikipedia)
2.      Blogs and microblogs: (Twitter)
3.      Content communities: (Youtube)
4.      Social networking sites: (Facebook)
5.      Virtual game worlds: (World of Warcraft)
6.      Virtual social worlds: (Second Life)

Jika kita deskripsikan dari contoh pertama yaitu wikipedia, wikipedia adalah salah satu alat pencarian yang berisi banyak artikel artikel yang bermanfaat bagi kita dalam memeperoleh informasi, sedangkan blogs dan mikrologs adalah adalah media siaran dalam bentuk blogging . Sebuah microblog berbeda dari sebuah blog tradisional yang isinya biasanya lebih kecil dalam ukuran file baik aktual dan agregat. Microblogs "memungkinkan pengguna untuk pertukaran elemen-elemen kecil dari konten seperti kalimat-kalimat pendek, gambar individu, atau link video".sedangkan untuk jejaring social adalah layanan online , platform, atau situs yang berfokus pada pembangunan dan mencerminkan dari jaringan sosial atau hubungan sosial antara orang-orang, yang, misalnya, kepentingan saham dan / atau kegiatan.Sebuah layanan jaringan sosial terdiri dari representasi dari tiap pengguna (sering profil), / nya hubungan sosial, dan berbagai layanan tambahan.


Fenomena media social akhir akhir ini cukup mencengangkan dan membuat khawatir beberapa orang khususnya orangtua yang anaknya masih dalam masa masa pertumnuhan (remaja). Selain itu dalam kehidupan sehari hari beberapa dampak dari media social ini ada yang baik, ada pula yang buruk. Sesuai artikel yang dikutip menyatakan bahwa Sebuah studi oleh University of Maryland menunjukkan bahwa layanan media sosial mungkin kecanduan,  dan bahwa pengguna layanan media sosial mengarah ke "takut kehilangan" ia telah mengamati bahwa Facebook sekarang metode utama untuk komunikasi oleh mahasiswa di AS
Ada berbagai statistik bahwa account untuk penggunaan media sosial dan efektivitas bagi individu di seluruh dunia. Beberapa statistik terbaru adalah sebagai berikut:

1. Jaringan sosial sekarang account untuk 22% dari semua waktu dihabiskan online di Amerika Serikat.
2. Sebanyak 234 juta orang usia 13 dan lebih tua di AS menggunakan perangkat mobile pada Desember 2009. 
3. Twitter diproses lebih dari satu miliar tweet pada bulan Desember 2009 dan rata-rata hampir 40 juta tweets per hari.
4.  Lebih dari 25% dari tampilan halaman internet AS terjadi di salah satu situs jejaring sosial terbesar pada bulan Desember 2009, naik dari 13,8% tahun sebelumnya.
5. Australia memiliki beberapa penggunaan media sosial tertinggi di dunia. Dalam penggunaan Facebook di Australia peringkat tertinggi, dengan lebih dari 9 juta pengguna menghabiskan hampir 9 jam per bulan di situs
6. Jumlah pengguna media sosial usia 65 dan lebih tua tumbuh 100 persen sepanjang 2010, sehingga satu dari empat orang dalam kelompok usia kini menjadi bagian dari sebuah situs jejaring sosial.
7. Pada Juni 2011 Facebook memiliki 750 juta pengguna.
8. Facebook puncak Google untuk lalu lintas mingguan di Amerika Serikat.
9. Media Sosial telah mengambil alih pornografi sebagai kegiatan # 1 di web
10.  Jika Facebook adalah sebuah negara itu akan menjadi terbesar ke-3 di dunia.
11. US Departemen Pendidikan studi mengungkapkan bahwa siswa online keluar dilakukan mereka instruksi tatap muka menerima. 
12. YouTube adalah mesin pencari 2 terbesar di dunia.
13. Dalam empat menit dan 26 detik jam + 100 video akan diupload ke YouTube.
14. India menghabiskan lebih banyak waktu pada media sosial ketimbang pada aktivitas lain di Internet.


Jika kita analisis dari keenam jenis social media, keenamnya memegang peran penting, kita lihat youtube, youtube salah satu social media yang berisi video video ini sudah mampu membuat beberapa orang menjadi terkenal, fenomena ini sangat menggebrak dunia hiburan khususnya di Indonesia, kita lihat contoh seperti duo sinta jojo, Norman , dan yang lainnya. Selain youtube ada facebook, jejaring social yang fenomenal ini banyak dampak positifnya, tapi tetap tidak terlepas dari dampak negatifnya juga, salah satu dampak positifnya adalah banyak orang yang sudah lama tidak ketemu kembali dipertemukan via facebok, akan tetapi dampak negatifnya seperti adanya penipuan, ajang prostitusi, sampai ke penculikan. Berlanjt ke game online, Dampak positif dalam bermain game online ini yaitu dampak yang bisa dibilang memberi manfaat / pengaruh baik bagi penggunanya.

Dampak positif Game Online bisa seperti berikut:

   1. Hiburan. Dengan memanfaatkan sebuah permainan bisa untuk mencoba mengurangi stress akibat aktivitas yang telah kita lalui / untuk menghilangkan kebosanan mengenai kegiatan yang ‘itu itu’ saja.
   2. Bisa untuk ajang melatih konsentrasi (misal dalam game game action, dibutuhkan konsentrasi saat menembak, sembunyi ataupun lari). Tentunya game yang baik.

Selain itu game online ada juga dampak negatif dari game online, yaitu dampak yang kurang baik bagi para pengguna Tidak Kenal Waktu / Lupa Waktu. Kebanyakan dari para gamer yang sudah hobi dalam memainkan game game online yang ada sering kelupaan waktu untuk rutinitas kegiatan lainnya. Misal, waktu makan lupa untuk ngegame online ke warnet, akibatnya perut sakit dsb, Pemborosan. Mengapa kok pemborosan? Ya, kalau untuk para gamer yang sudah bisa mencari penghasilan sendiri sih, ini belum terlalu masalah. Namun jika masih meminta kepada orangtua, misal 1 jam = 5000 rupiah main game online sekitar 2 – 4  jam, 5ooo x 4 jam = 20rbu.



4  STRATEGIC COMMUNICATIONS CYBER PR

1. Strategic.
Usaha kegiatan Cyber PR harus didisain agar memberikan konntribusi secara nyata ke hasil bisnis perusahaan.

2. Integrated.
Mereka memperlakukan Internet sebagai elemen yang terintegrasi kedalam kegiatan perencanaan komunikasi secara luas.

3. Targeted.
Mereka menggunakan keunggulan internet dibanding bentuk komunikasi yang lain untuk berkomunikasi dengan target audience yang spesifik.

4. Measurable.
Perencanaan juga harus menyertakan cara-cara yang paling efektif untuk mengukur hasilnya, secara teruji.


Sumber :
http://www.newoes.com/dampak-positif-dan-negatif-game-online/
http://en.wikipedia.org/wiki/Social_networking_service
http://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial
http://en.wikipedia.org/wiki/Microblogging




2. Kasus : "Mengklarifikasikan isu minyak goreng coconut oil kadarluarsa yang beredar dipasar melalui Cyber PR"

Cara mengklarifikasikannya adalah :

 Secara sepintas ..
ada 4 indikator yang dapat dipakai untuk menaksir seberapa kuat reputasi suatu perusahaan, yaitu :
1. Daya saing perusahaan dalam menjual produknya dengan harga premium pada kurun waktu yang tidak sebentar.

2. Kesanggupan perusahaan dalam merekrut dan mempertahankan staf kunci yang berkualitas.

3. Konsistensi perusahaan dalam mendapatkan dukungan words of mouth berupa rekomendasi positif baik dari sisi pasokan maupun pemasaran.

4. Keberpihakan publik ketika terjadi masalah

Jadi kesimpulaan saya,  "minyak goreng coconut oil kadarluarsa" itu hanya isu persaingan secara tidak sehat oleh pihak yang tidak bertanggung jawab guna menjatuhkan nama baik perusahaan itu sendiri, keterangan tanpa fakta itu hanya bohong belaka.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2011 @ Wiwin-Saputra!
Design by Wordpress Manual | Bloggerized by Free Blogger Template and Blog Teacher | Powered by Blogger